Fakta Unik | Biota Darat | Biota Laut | Kesehatan | Hipotesis

Kamis, 25 Desember 2014

Manfaat Serta Keunggulan dari Zat Desinfektan untuk Membunuh Bakteri dalam Air Sumur dan Bak Mandi

A.Pengertian Desinfektan
Desinfektan merupakan bahan kimia yang akan digunakan untuk menghindari terjadinya pencemaran dari bakteri bakteri dan virus jasad renik, serta menghambat meningkatnya pertumbahan atau memusnahkan organisme pada benda mati secara paten, dengan berbagai cara menghancurkan dan memusnahkan bakteri dan virus dari jasad renik dibantu oleh bahan kimia (desinfektan) melalui sterilisasi. 

10 Macam desinfektan bisa dikatakan sangat ideal, yaitu :
1.Bekerja lebih cepat untuk menghambat pertumbuhan dan perkembangan mikroorganisme pada suhu dalam kamar
2.Cara kerja dari Bahan Kimian Ini tidak dipengaruhi oleh keadaan ataupun suhu tertentu.
3.Bahan Kimian Ini tidak perbahaya bagi manusia dan hewan..
4.Sifatnya tidak korosif.
5.Bersifat steril tanpa noda.
6.Memiliki keharuman yang disukai oleh manusia
7.Mudan terurai dengan bahan yang lain (biodegradable)
8.Sifat larutannya seimbang.
9.Sangat Praktis digunakan serta harganya sangat terjangkau.
10.Jangkauannya sangat luas.

B. Bagian-bagian dari desinfektan.
Kemampuan bahan kimia ini menghancurkan dan memusnahkan bakteri dan virus dari jasad renik dipengaruhi oleh:
1. Jenis bakteri dan virus yang akan dihancurkan dan musnahkan.
2. Jumlah dari pathogen yang akan dihancurkan dan musnahkan.
3. Umur bakteri dan virus (patogen).
4. Penyebarannya sangat mudah teridefikasi oleh Desinfektan dalam genangan air yang cukup melalui proses
5. Faktor lingkungan, spserti : Suhu, pH, Kualitas air, Pengelolaan air.

D. Jenis-jenis dari Desinfektan
1. Chlorin, yaitu : banyak di gunakan dalam pengelolaan air bersih dan air lmbah sebagai oksidator dan desinfektan.Bahan kimia ini di gunakan untuk membunuh bakteri dan virus dalam air. Macam-macam dari chlorine, yaitu : Anorganik cholaramine, Organic cholaramine, Cholorine di oksida
2. Ozone, yaitu bahan kimia yang memiliki sifat sangat cepat larut dalam air pada zat bersifat zat organic dan anorganik.
3. Yodine dan bromine merupakan bahan yang digunakan sebagai antiseptic jika kita terluka dan tingkat keasaman hypobromousnya masih tetap aktif pada PH > 9.     

C.Macam-Macam Desinfektan yang lain.
1.Garam Logam Berat, merupakan zat yang sangat ampuh membunuh bakteri dan virus dalam dosis kecil, zat ini juga bisa digunakan untuk membunuh baktri penyebab bau badan pada manusia, zat yang biasa digunakan adalah merkurokrom, metafen atau mertiolat.

2.Zat Perwarna Zat perwarna tertentu untuk pewarnaan bakteri memiliki kekuatan sifat yang berbakteriostatis. Cara kerjanya sangat selektif,diduga bahwa zat tersebut berkombinasi dengan protein atau mengganggu cara kerja sistem reproduksi pada sel. Selain violet Kristal (bentuk kasar, violet gentian), zat pewarna lain yang digunakan sebagai bakteriostatis juga zat yang berwarna hijau malakhit dan hijau cemerlang.

3.Klor dan senyawa klor
Klor biasa digunakan untuk sterilisasi pada air minum. Senyawa klor, kapur, natrium juga berfungsi zat untuk mencuci bahan makanan.

4.Fenol dan senyawa-senyawa lain yang sejenis
Larutan fenol 2 – 4% berguna sebagai desinfektan. Kresol atau kreolin lebih baik khasiatnya daripada fenol. Lisol ialah desinfektan yang berupa campuran sabun dengan kresol; lisol lebih banyak digunakan daripada desinfektan-desinfektan yang lain. Karbol ialah nama lain untuk fenol. Seringkali orang mencampurkan bau-bauan yang sedap, sehingga desinfektan menjadi menarik.

5.Kresol
Destilasi destruktif batu bara berakibat produksi bukan saja fenol tetapi juga beberapa senyawa yang dikenal sebagai kresol. Kresol efektif sebagai bakterisida, dan kerjanya tidak banyak dirusak oleh adanya bahan organic. Namun, agen ini menimbulkan iritasi (gangguan) pada jaringa

6.Alkohol
Sementara etil alcohol mungkin yang paling biasa digunakan, isoprofil dan benzyl alcohol juga antiseptic. Benzyl alcohol biasa digunakan terutama karena efek preservatifnya (sebagai pengawet).

7.Formaldehida
Formaldehida merupakan disinfektan yang sangat baik digunakan sebagai gas didaerah tertutup, dan didalam larutan cairnya terdapat zat formalin sebesar 37%.

8.Etilen Oksida
Keunggulan Gas ini bisa diaktifkan dalam keadaan mencair dan gas yang bisa membunuh bakteri yang bentuk spora serta jamur dan virus secara efektif. Keunggulan yang sangat penting dari zat ini adalah bisa menembus beberapa lapis yang ditutup secara rapat yang memungkinkan zat ini bisa membunuh toksin secara efektif. Selain itu juga ada beberapa yang memiliki fungsi dan kegunaan yang sangat spesifikasi, seperti : Hidogen Peroksida, Betapropiolakton, Senyawa Amonium Kuaterner, Sabun dan Detergen, Sulfonamida, c : Yaitu Berfungsi untuk penghambat kegiatan mikroorganisme yang lain.

Manfaat Serta Keunggulan dari Zat Desinfektan untuk Membunuh Bakteri dalam Air Sumur dan Bak Mandi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 komentar:

  1. BavetlineOke Dapat Credit 100K Dengan Membayar 70K Saja !!

    Prediksi Sunderland Vs Manchester United 09 April 2017

    Daftarkan Dengan Kode Referall “ BAVETJ 02 “ Anda Deposit 70K Dapat 100K Hanya Di
    ( BAVETLINEOKE.COM ) / http://bavetline88.com/

    BalasHapus