Fakta Unik | Biota Darat | Biota Laut | Kesehatan | Hipotesis

Minggu, 21 Desember 2014

Keunikan Serta Kemampuan Burung Unta Beradaptasi Dengan Keadaan Lingkungan

A. Deskripsi Struthio camelus.
Burung unta dengan naman ilmiah : Struthio camelus, Dengan tinggi 2,5 meter dan berat badan hingga mencapai  145 kg, burung unta merupakan burung terbesar di dunia sepanjang sejarah. Burung ini mempunyai berbagai kemampuan sangat unik yang membuatnya dapat beradaptasi dengan baik bersama lingkungannya, mereka bisa beradaptasi di daerah gurun pasir yang luas, hutan yang lebat terbuka dibagian Afrika tengah dan selatan. Burung unta mempunyai ukuran tubuh yang sangat panjang dan tinggi yang tidak mungkin dimiliki oleh kelas aves pada umumnya, otot kaki yang kuat untuk berjalan sejauh mungkin. Burung unta hanya memiliki dua jari pada setiap kakinya. Tidak seperti burung lainnya, yang memiliki tiga atau empat jari kaki. Inilah  yang memungkinkan burung unta memiliki cepatan beraktifitas yang lebih besar. Mereka dapat berlari hingga 70 km/jam dan kecepatan tetap sebesar 50 km/jam. Satu kali Hentangan kakinya bisa melewati jarak antara 3 hingga 5 m ketika dalam situasi yang terancam.

B. Kemampuan yang dimiliki Oleh Struthio camelus.
Struthio camelus memiliki kemampuan untuk menendang kebawah yang sangat keras setara dengan berat suatu benda 50 kg, hal ini mereka lakukan dengan menggunakan kakinya yang kuat serta berotot yang panjang kuku (cakar) 10 cm pada setiap kaki, ini semua merupakan bentuk beradaptasi mereka dan melindungi diri dari predator lain. Nama burung unta itu sendiri diambil dari nama seekor hewan mamalia unta, karena memiliki kemiripan dengan hewan mamalia tersebut, seperti lehernya yang sangat panjang dan matanya yang sangat menonjol dan besar kemudian dilengkapi oleh bulu mata yang begitu panjang sekali. Kesamaan tersebut tidaklah berakhir sampai disini, Struthio camelus juga beradaptasi dengan lingkungan yang suhunya sangat panas dan juga bisa melakukan perjalan dalam jangka waktu yang cukup lama tanpa air, karena mereka bisa mendapatkan kelembaban untuk bertahan hidup berasal dari tanaman yang mereka makan sebelumnya.

C. Makanan Struthio camelus.
Sebagian besar jenis makanan mereka terdiri dari akar tumbuhan, dedaunan, dan biji, selain itu juga Struthio camelus akan makan apa pun yang disediakan oleh alam. Terkadang juga mereka memakan ular, serangga,  kadal, dan hewan pengerat lainya. tenggorokan mereka memiliki kemampuan menggiling makanan sangat keras seperti pasir, bebatuan dan krikil yang tidak bisa dimakan dan dicerna oleh hewan lain.

D. Kawanan Struthio camelus.
Kawanan Struthio camelus akan merumput bersama di antara jerapah, zebra, gnus, dan antelop. Kehadiran mereka berguna karena mereka mengingatkan hewan lain ketika ada bahaya.
Burung unta pada umumnya, hidup bersama dalam kelompok sekitar bersepuluh, dipimpin oleh sang jantan yang dominan dan betina yang dominan. Jantan membela wilayah. Panggilan peringatannya keras dan mendalam. Dari jauh, kita dapat keliru, karena mirip dengan auman singa. Burung unta juga mendesis untuk menunjukkan ketidaksetujuan mereka.

E. Fungsi Sayap Struthio camelus.
Karena tubuh dari burung unta ini sangat berat sekitar 65 kg sampai 140 kg bersama dengan ukuran tinggi badanya yang berbeda pada ukuran pada kelas Aves pada umumnya yaitu sekitar 3 meter, tinggi badan tergantung pada panjangnya leher yang dimiliki oleh Struthio camelus. Bernjak dari berat badan yang sangat besar, maka burung ini tidak bisa memungkinkan burung ini tidak bisa terbang, dan sayapnya beralih fungsi untuk melindunginya dari cuaca dingin dan membantu burung ini untuk berlari sangat cepat.

Keunikan Serta Kemampuan Burung Unta Beradaptasi Dengan Keadaan Lingkungan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar